Myhidayah’s Weblog

Jangan berhenti tuk pintar selagi kesempatan itu masih ada

CPNS Buat Sarjana Syariah???ada gak??? Oktober 31, 2008

Filed under: Uncategorized — hieda @ 2:50 pm
Tags: , , , ,

Beberapa bulan terakhir ini memang banyak lowongan CPNS dibuka. Peminatnya cukup banyak. Saya juga salah satu peminatnya. Tapi masalahnya sangat jarang ada penerimaan CPNS buat sarjana Hukum Perdata Islam (Syariah). Sedikit harapan saya akan ada formasi yang cocok buat saya di lingkungan CPNS Daerah. Tapi ternyata saya dapat informasi sebaliknya. Tidak ada lowongan yang cocok dengan gelar sarjana saya.

Pernah pengalaman ikut CPNS di PTA (Pengadilan Tinggi Agama), tapi yang diterima tidak lebih dari 5 orang. Sedangkan tiap tahunnya banyak sekali lulusan sarjana Syariah. Kesempatan yang dimiliki oleh lulusan dari sarjana Syariah ini di tingkat Pengadilan sangatlah minim.

Bagaimana dengan DEPAG (Departemen Agama)??? Selama ini informasi lowongan dari DEPAG terkesan mendadak bahkan tertutup. Yang banyak mempunyai peluang disini hanya mereka-mereka yang punya kenalan/ saudara yang bekerja menjadi pegawai DEPAG.

Di sisi lain, ada beberapa lulusan dari sarjana Syariah yang bergabung dengan lembaga advokad. Lembaga ini biasanya sudah bekerja sama dengan pihak fakultas untuk merekrut sarjana Syariah yang mau bergabung dengan advokad. Sayangnya minat dari para sarjana Syariah, sangat sedikit disini.

Kebanyakan mereka yang mengambil jurusan Syariah juga mengambil Program Akta IV. Tujuannya??? tentu agar bisa ikut terjun di dunia pendidikan. Terbukti memang banyak sarjana syariah plus akta ini yang menjadi guru dengan menggunakan ijazah akta IV-nya. Mereka bilang “ ternyata berguna juga ijazah aktanya…”, lalu??? Ijazah SHI-nya…nganggur dong. Tak apa yang penting dapat kerja.

Yah…mungkin emang sarjana syariah harus banting setir. Kalau smua lowongan yang sesuai dengan gelar SHI sudah tidak bisa dicapai. Banting setir kemana??? Itu yang lagi saya pikirkan…berharap masih ada sedikit aja lowongan buat sarjana syariah…paling tidak tahun-tahun terakhir ini saat banyaknya lowongan CPNS dibuka.


 

16 Responses to “CPNS Buat Sarjana Syariah???ada gak???”

  1. Rahmad Says:

    Orang cacat kaki pincang apa bisa ikutan CPNS?

  2. hieda Says:

    Bisa kok…kaum penyandang cacat fisik boleh mendaftarkan dan bisa diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) sesuai formasi yang dibutuhkan. Dengan catatan, kondisi fisiknya tidak mengganggu pekerjaan yang dipercayakan kepadanya.
    Buktinya sekarang depsos buka lowongan buat penyandang cacat dan tuna netra tuh…www.depsos.com…buruan keburu tu2p

  3. dedy Says:

    pa kbr pr sarjana islam, pd ngapin hr gn.

  4. dedy Says:

    pusing jd serjana sariah gk di terima di dephumham.

  5. hieda Says:

    ya jelas ajah ga di trima. depkumham cuma terima sarjana hukum ga pake islam…

  6. jangan merasa pesimis,,,,yg jelas dah sarjana dan berusaha dengan sungguh2 pasti akan dapat pekerjaan,,,sedangkan lulusan SMA sj bs dapat pekerjaan apalgi kita yg sarjana,,,jgn memikirkan cuma 1 perkerjaan sj yg cocok buat kita,,,,

  7. zal Says:

    ya memang benar, selama ini kita bisa melihat peluang untuk sarjana syariah kalau mengandalkan dari ijazahnya amat sangat tidak berguna untuk lowongan menjadi pegawai negeri. selama ini kan cuman depag yang menerimanya. dan terkadang depag pun tidak terlalu transparan mengenai penerimaan calon pegawainya. menurut saya kalau kita sudah memahami bahwa peluang dan prosfek kedepan bagi lulusan sarjana syariah sangat minim dan bahkan tidak ada untuk lowongan yang membuka lulusan sarjana syariah. mendingan fakultas syariah yang ada di indonesia di bubarkan saja, wong juga kouta nya tidak terlalu luas kok. buat apa tiap tahun perguruan tinggi berbasis islam meluluskan ribuan sarjana syariah akan tetapi peluang dan prosfeknya tidak ada. kan percuma saja, tuh bisa dijulukin menciptakan sarjana yang siap nganggur. jadi kalau pun nanti ada orang yang pengen kuliah disyariah baru di kasih pandangan biar tidak rugi alias tidak salah jalan demi masa depan.
    syukur juga para profesor syariah bisa mengupayakan keluhan dari para sarjana syariah biar bisa tenang dan ada peluang untuk para sarjana syariah berkecimpung di Pegawai negeri tingkat daerah maupun sampai pusat. cuman itu saja kok.

    • Wafi Says:

      Nah, klo alasan yg ini gw setuju… BUBARKAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, PERCUMAH TIDAK BISA DIMANFAATKAN… Tapi bagi yang beruntung bisa bekerja di instansi/perusahaan swasta, itu semua adalah kesuksesan ketika pada masa studinya menjadi aktifis dan organisatoris…

  8. hakam hamzah Says:

    galau tingkat dewa, lulusan syari’ah..
    apakah kualifikasi sarjana hukum, tidak bisa di masuki sarjana hukum islam -,-

  9. farid Says:

    seharusnya studi hukum islam gelarnya SH saja, karena hukum islam sudah merupakan salah satu sumber hukum di Indonesia

  10. Usay Falaha Says:

    ia… kalau memang gk da gunanya,, hapuskan aja fakultas fakultas yang bertitel syariah,, atau titel a d agnti, gk usah pakek i d ijazah,,, kalau perlu IAIN tu jg d gnti jadu UIN..

  11. Gus'e Al Ma'sum Says:

    Positif thinking aja..
    perbaiki niat, kita belajar niatnya cari ilmu, msalah pkerjaan biar Allah yg mnentukan, rizki sudah d atur.. tpi jngan lupa, slalu berdo’a dan tetap berusaha..🙂

  12. rizki Says:

    sebenarnya disini bukan masalah kita tidak berusaha untuk bekerja atau mengeluh dengan apa yng terjadi tapi alangkah indahnya bukan apabila kita selesai kuliah lalu bisa mengaplikasikan apa yang kita dapat saat kuliah………… that’s true

  13. Taryudi Says:

    Ya cukup menarik bg sy yg kbtulan lulusan sarjana syariah untuk solusi klulusanya,kbtulan sy bgitu lulus d tawarin jd asisten dosen

  14. dani Says:

    jgn ngeluh harus brsyukur dan berusaha.
    alhamdulilah skrng lulusan syariah gelarnya sdh SH


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s